PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIC TAC TOE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI A SMA NEGERI 2 CIAMIS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024

Fadilah, Annisa Nurul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIC TAC TOE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI A SMA NEGERI 2 CIAMIS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (926kB)
[img] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Tic Tac Toe terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI A SMA Negeri 2 Ciamis Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Latar belakang masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif berjenis eksperimen dengan pendekatan kuasi eksperimen. Desain yang digunakan yaitu Non-Equivalent Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas XI A 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol adalah 82,11% sedangkan nilai posttest kelas kontrol sebesar 84,29%. Sedangkan bahwa rata-rata nilai pretest eksperimen adalah 85,42 sedangkan nilai posttest sebesar 91,97%. Adapun presentase rata-rata motivasi belajar siswa di XI A 2 sebelum diberikan perlakuan sebesar 75,07% dan setelah diberi perlakuan sebesar 76,31% termasuk pada kategori baik setelah menggunakan model TGT berbantuan media Tic Tac Toe. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan r hitung > r tabel sebesar 3,376 > 1.997 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan media Tic Tac Toe memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Tic Tac Toe, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:25
Last Modified: 28 Mar 2024 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item