Fadilah, Annisa Nurul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIC TAC TOE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI A SMA NEGERI 2 CIAMIS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (421kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (414kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (926kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (478kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (279kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (279kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (186kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (399kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (532kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Tic Tac Toe terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI A SMA Negeri 2 Ciamis Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Latar belakang masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif berjenis eksperimen dengan pendekatan kuasi eksperimen. Desain yang digunakan yaitu Non-Equivalent Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas XI A 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol adalah 82,11% sedangkan nilai posttest kelas kontrol sebesar 84,29%. Sedangkan bahwa rata-rata nilai pretest eksperimen adalah 85,42 sedangkan nilai posttest sebesar 91,97%. Adapun presentase rata-rata motivasi belajar siswa di XI A 2 sebelum diberikan perlakuan sebesar 75,07% dan setelah diberi perlakuan sebesar 76,31% termasuk pada kategori baik setelah menggunakan model TGT berbantuan media Tic Tac Toe. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan r hitung > r tabel sebesar 3,376 > 1.997 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan media Tic Tac Toe memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Tic Tac Toe, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12363 |
Actions (login required)
View Item |