PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM SYARAF (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun ajaran 2022/2023)

SALAM, YUSRI NIDAUS (2024) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM SYARAF (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
pernyataan orisinil.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan artficial intelligence learning system terhadap hasil belajar sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya pada materi Sistem Saraf. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain The Matching Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 5 kelas XI MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan jumlah 29 soal pilihan majemuk yang mengacu ke dalam indikator C1, C2, C3, C4, dan C5 dan non-tes menggunakan angket skala likert dengan 20 item pernyataan untuk instrumen sikap silmiah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Way Anova yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed) sebesar 0,021<0,05 sehigga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi sistem saraf di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil temuan analisis data, pada hasil belajar indikator C4 (menganalisis) merupakan indikator tertinggi dengan skor rata-rata 0,79, dan sikap ilmiah pada indikator ketekunan dengan skor rata-rata 2,84. Kata Kunci: AILS; perflexity; problem based learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:23
Last Modified: 19 Feb 2024 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item