R, NEVIA AISA (2024) PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA (Quasi experiment pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Singaparna Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (61kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (285kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (322kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (58kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (34kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (48kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (42kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (43kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (107kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (128kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (251kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat mengenai permasalahan kurangnya minat belajar pada pembelajaran sejarah dan peneliti menerapkan Media Youtube dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Youtube terhadap minat belajar sejarah pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Singparna. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Media Youtube terhadap minat belajar sejarah pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Singparna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan metode quasi-experiment non-equivalent Control-Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik XI MIPA SMAN 1 Singaparna dan sampel menggunakan siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Singaparna yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 berjumlah 37 peserta didik sebagi kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang telah dilakukan dengan mengunakan uji hipotesis independent sample T-Test, terdapat pengaruh dalam penerapan model tersebut. Uji Independent sample T-Test menunjukan hasil bahwa Sig 0,00<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh Media Youtube terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Singaparna. Kata Kunci: Media Youtube, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12180 |
Actions (login required)
View Item |