PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM TASIKMALAYA DI BAWAH PIMPINAN KH AHMAD DENI RUSTANDI TAHUN 2007-2021

RIYADI, DEDE RIPAT (2023) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM TASIKMALAYA DI BAWAH PIMPINAN KH AHMAD DENI RUSTANDI TAHUN 2007-2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN-halaman.pdf

Download (242kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. PRIBADI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (306kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.PDF

Download (275kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12. DAFTAR GERAFIK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia, selain sekolah formal pada umumnya pondok pesantren di pilih untuk menjadi landasan penguatan ilmu agama terutama agama Islam. Pondok pesantren adalah lembaga yang merupakan wujud proses perkembangan sistem pendidikan nasional dengan sistem yang lebih komplit dalam mendidik dan belajar ilmu agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembangan Pendidikan Islam atas peran Pondok pesantren. Pondok pesantren di Indonesia memliki konsep pendidikan sendiri dalam kerangka nilai-nilai keagamaan serta mengarah pada moralitas sebagaimana diajarkan Nabi yang perlu diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk pendidikan yang diajarkan di pondok pesantren Darussalam, dalam perkembangannya dari tahun ke tahun terdapat perubahan yang sangat signifikan baik dalam hal pendidikan ataupun sarana dan pra sarana. Metode penelitian ini menggunakan metode historis merupakan suatu metode yang berusaha memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada masa lampau. Untuk mendapatkan sumber data, penulis menggunakan metodologi sejarah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perkembangan pondok pesantren Darussalam Tasikmalaya mengalami perkembangan yang siginifikan. Pondok pesantren Darussalam didirikan pada tanggal 21 Maret 2007 yang bermula dari kandang ayam menjadi asrama bagi para santri. Diwakafkan dari H. Asep Nawawi Suherman yang merupakan bapak dari KH. Ahmad Deni Rustandi. tanah wakaf yang bermula 1400 meter persegi ini dari tahun ketahun semakin bertambah dan semakin luas. KH. Ahmad Deni Rustandi merupakan pendiri sekaligus pimpinan pondok pesantren Darussalam. Adapun perkembangan pondok pesantren Darussalam Tasikmalaya ini mengalami peningkatan mulai dari sarana dan prasarana, perkembangan jenjang pendidikan, perkembangan lembaga pendidikan, perkembangan lembaga eksternal, seberan alumni pondok pesantren Darussalam, pendirian pondok pesantren Darussalam 2 Afiah, dan sistem pembelajaran yang berlaku. Kata Kunci: pondok pesantren, Darussalam, KH. Ahmad Deni Rustandi, keagamaan, santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:40
Last Modified: 06 Feb 2024 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12053

Actions (login required)

View Item View Item