PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI (STUDI KASUS DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SINGAPARNA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA)

PRIADI, RIKI BANGKIT (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI (STUDI KASUS DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SINGAPARNA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (16kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (71kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (361kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (591kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan media pembelajaran digital pada siswa di kelas XI IPS untuk memanfaatkan perkembangan teknologi serta membantu meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran elektronik komik dan mengetahui motivasi serta hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development desain Plomp dan Nieeven dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, kuesioner, dan tes. Pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap yaitu preliminary research, development or protoyping phase dan assesement phase. Hasil uji validasi oleh dua orang ahli dengan menilai aspek rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan kelayakan isi atau materi menunjukkan bahwa media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat valid. Uji kelayakan oleh guru dan siswa menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat baik. Tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik berada pada kategeori sangat tinggi. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan post-test siswa akibat dari penggunaan media pembelajaran elektronik komik. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran elektronik komik. Kesimpulannya adalah penilaian pengembangan media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat valid dan sangat baik, motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat tinggi, serta terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran elektronik komik. Kata kunci: Research and Development, Media Pembelajaran, Elektronik Komik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:17
Last Modified: 05 Feb 2024 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item