PRIADI, RIKI BANGKIT (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI (STUDI KASUS DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SINGAPARNA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (72kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (98kB) |
|
Text
4. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (16kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (71kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (66kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (180kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (361kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (591kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan media pembelajaran digital pada siswa di kelas XI IPS untuk memanfaatkan perkembangan teknologi serta membantu meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran elektronik komik dan mengetahui motivasi serta hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development desain Plomp dan Nieeven dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, kuesioner, dan tes. Pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap yaitu preliminary research, development or protoyping phase dan assesement phase. Hasil uji validasi oleh dua orang ahli dengan menilai aspek rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan kelayakan isi atau materi menunjukkan bahwa media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat valid. Uji kelayakan oleh guru dan siswa menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat baik. Tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik berada pada kategeori sangat tinggi. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan post-test siswa akibat dari penggunaan media pembelajaran elektronik komik. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran elektronik komik. Kesimpulannya adalah penilaian pengembangan media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat valid dan sangat baik, motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran elektronik komik berada pada kriteria sangat tinggi, serta terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran elektronik komik. Kata kunci: Research and Development, Media Pembelajaran, Elektronik Komik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:17 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12028 |
Actions (login required)
View Item |