VIRTUAL TOUR 360 OBJEK WISATA CURUG CIMANINTIN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA

Nur, Bayu Muhamad (2024) VIRTUAL TOUR 360 OBJEK WISATA CURUG CIMANINTIN SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN DAN MOTO.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak objek wisata yang indah. Terutama, Curug Cimanintin yang terdapat di daerah Salopa yang masih tergolong sepi oleh wisatawan. Hal ini disebabkan karena jaraknya yang jauh dari pusat kota, sehingga wisatawan kebanyakan lebih memilih untuk mengunjungi objek wisata alam yang telah popular dan mudah dijangkau. Padahal, objek wisata di kabupaten Tasikmalaya memiliki keindahan dan keunikan yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Media promosi yang digunakan adalah media konvensional sehingga penyampaian informasi kepada wisatawan tidak optimal, hal ini mengakibatkan menurunnya minat para wisatawan untuk berkunjung. Untuk dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke objek wisata Curug Cimanintin dibuatlah media promosi digital menggunakan virtual tour dengan mengimplementasikan foto dan video 360o dari objek wisata tersebut. Pembuatan virtual tour berhasil dilakukan dengan menggunakan metode Luther (1994) yang memiliki tahapan diantaranya; Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Penggabungan Elemen Multimedia (Assembly), Pengujian (Testing), dan Distribusi (Distribution). Aplikasi virtual tour dapat berjalan dengan baik karena berdasarkan pengujian black box setiap fungsionalitas berjalan sebagaimana mestinya dan hasil pengujian beta menggunakan kuisioner dengan pengujian System Usability Scale (SUS) didapat dengan skor rata-rata sebesar 75,50 sehingga dapat disimpulkan aplikasi virtual tour 360 objek wisata Curug Cimanintin dinilai dapat diterima (acceptable) oleh pengguna dengan grade “C” dalam kategori Baik (Good). Kata Kunci: Virtual Reality, Virtual Tour 360, Wisata, Digital

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:49
Last Modified: 05 Feb 2024 02:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item