HIDAYAT, MUHAMMAD SYARIF (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDPUZZLE BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PEMUAIAN DI SMA NEGERI 1 CILIMUS (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. PERNGESAHAN.pdf Download (57kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (13kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (95kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (403kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (525kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
Abstract
Setelah kegiatan pembelajaran tatap muka kembali diberlakukan pasca pandemi covid 19, hasil belajar kognitif peserta didik mengalami kemunduran atau loss learning sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Salah satu media tersebut adalah media pembelajaran Edpuzzle berbasis video. Hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Cilimus, diperoleh hasil belajar kognitif dari ulangan harian fisika kelas XI IPA pada materi suhu dan pemuaian tercatat rata-rata nilai 44,7. Media yang sering digunakan saat pembelajaran adalah media papan tulis atau powerpoint. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Edpuzzle berbasis video terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan pemuaian. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan rancangan Pretest-Posttest with Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilimus sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 213. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas dari 6 kelas, yaitu 36 peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kelas kontrol. Instrumen penelitian ntuk mengukur hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan pemuaian dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk tes pilihan ganda, soal berjumlah 35 butir dengan materi teori suhu dan kalor pada bagian suhu dan pemuaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis t test. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sample t test dengan taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:49 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11886 |
Actions (login required)
View Item |