Anggiyanto, Eriandi (2023) Monitoring dan Analisis State of Charge (SOC) dan Temperatur Baterai LiFePo4 Pada Mobil Listrik Tenaga Surya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (85kB) |
|
Text
04 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (181kB) |
|
Text
06 HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN MENYERAHKAN HAK.pdf Download (298kB) |
|
Text
07 ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text
05 Kata Pengantar.pdf Download (544kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (112kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (47kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (787kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (453kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Saat ini, transportasi umumnya masih bergantung pada bahan bakar fosil yang memiliki cadangan terbatas. Oleh karena itu, saat ini dikembangkan mobil bertenaga listrik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, masalah utama yang dihadapi oleh kendaraan listrik adalah keterbatasan stasiun pengisian baterai yang tersedia. Oleh karena itu perlu adanya alternatif mobil listrik dengan tenaga surya supaya bisa tetap mengisi baterai mobil listrik di berbagai tempat. Tetapi dalam pemanfaatan PLTS sebagai sumber energi utama untuk mengisi baterai perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui kemampuan dari sistem PLTS yang digunakan pada mobil tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji alat ukur yang digunakan untuk penelitian, memonitoring dan menganalisis state of charge (SOC) dan suhu pada baterai LiFePo4 48 Volt 100Ah selama proses pengisian dari kapasitas 20% hingga 100% menggunakan sumber energi listrik dari sistem PLTS yang ada pada mobil listrik. Panel surya yang digunakan pada mobil listrik berjenis polycrystaline 50Wp sebanyak 4 buah yang disusun secara seri berbantuan solar charge controller (SCC). Pengukuran yang dilakukan menggunakan arduino uno dengan bantuan 2 buah sensor arus ACS712 5 ampere, 2 buah sensor tegangan dan 1 buah sensor suhu MLX90614. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi sensor tegangan dan arus SCC serta suhu baterai berturut-turut adalah 99,42%, 99,75% dan 99,17%. Laju SOC baterai menggunakan PLTS lebih lambat dibandingkan power supply, hal ini disebabkan karena fluktuasi iradiasi matahari yang tidak konstan, sehingga menyebabkan daya keluaran yang juga tidak konstan. Suhu baterai terendah dan tertinggi yang terukur berturut-turut adalah sebesar 24,09°C dan 39,19°C. Kata kunci: mobil listrik, PLTS, SCC, SOC, power supply, tegangan, arus, suhu baterai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11865 |
Actions (login required)
View Item |