PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KSPPS BMT AL-ITTIHAD TASIKMALAYA

Yuningsih, Yuyun (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KSPPS BMT AL-ITTIHAD TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERNYATAAN, DLL.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)

Abstract

Baitul Maal wa Tamwil (BMT) merupakan perpaduan dari Baitul Maal dan Bait al-Tamwil. Berperan dalam pemberdayaan ekonomi ummat melalui pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi mikro dengan sistem syariah. BMT mempunyai fungsi sebagaimana layaknya perbankan yaitu penghimpun dan penyalur dana. Dalam menjalankan fungsinya, tentu saja BMT harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan, karena berhubungan langsung dengan kepuasan anggota yang dirasakan oleh anggota sehingga terciptanya loyalitas anggota. Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT A-Ittihad Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Dengan pengumpulan informasi melalui kuesioner dan pengambilan sampel sebanyak 97 responden dari populasi sebanyak 2845 yaitu seluruh anggota KSPPS BMT Al-Iittihad Tasikmalaya dihitung dengan rumus slovin. Teknik analisa data menggunakan, koefisien kolerasi, koefisien regresi dan determinasi. Hasil Penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat pengaruh X1 terhadap Y Berdasarkan analisa persamaan regresi linier X1 diperoleh Y = 8,272 + 0.293X1, Koefisien Korelasi sebesar 0,507, dan Koefisien determinasi Sebesar 25,7%. 2) Terdapat Pengaruh X2 terhadap Y berdasarkan analisa persamaan regresi linier X2. Y = 11,535 + 0,605 X2, Koefisien Korelasi sebesar 0,559 dan Koefisien Determinasi sebesar 31,3%. 3) Hasil Penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisa persamaan regresi linier berganda diperoleh nilai Y= 5,028 + 0,157 X1+ 0,423X2 dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,601 dan koefisien determinasi sebesar 36,1%. 4) Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel loyalitas anggota. Dan 5) Melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan kepuasan memang layak untuk menguji variabel loyalitas anggota. Maka dapat di simpulkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kepuasan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Anggota baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis (H0) ditolak dan semua hipotesis Alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:13
Last Modified: 30 Oct 2019 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item