ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS AYAM BROILER (Kasus Pemasaran dari PS Bima sampai ke Pasar Baleendah Kabupaten Bandung)

DELIA, ELVA (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS AYAM BROILER (Kasus Pemasaran dari PS Bima sampai ke Pasar Baleendah Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola saluran pemasaran, fungsi�fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran ayam broiler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Kasus penelitian dilakukan pada proses pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pedagang pengecer yang berlokasi di pasar Baleendah Kabupaten Bandung dengan menganalisis pola saluran, fungsi dan efisiensi pemasaran melalui indikator efisiensi operasional, efisiensi harga serta indeks efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari sampai Juli 2023. Teknik snowball sampling digunakan dalam pengambilan responden. Responden terdiri dari satu commission agent, satu pedagang besar, tujuh pedagang pengecer dan ditambah satu orang kepala unit dari PS Bima (sebagai informan). Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat satu pola saluran pemasaran yaitu pola saluran tiga tingkat: PS Bima – commission agent – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Fungsi fisik yang dilakukan berupa pengangkutan dan pengolahan, pengangkutan dilakukan oleh commission agent dan pedagang besar sedangkan untuk pengolahan dilakukan oleh pedagang besar. Fungsi fasilitas yang dilakukan yaitu risiko dan informasi pasar. Risiko dilakukan oleh commission agent dan pedagang pengecer. Sedangkan informasi pasar dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Proses pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pasar Baleendah Kabupaten Bandung baik secara operasional maupun harga sudah efisien. Indeks efisiensi pemasaran yang paling efisien adalah pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pedagang pengecer tiga dengan nilai 1,98. Kata Kunci: Ayam broiler, Efisiensi, Lembaga pemasaran, Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:48
Last Modified: 25 Jan 2024 04:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item