DELIA, ELVA (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS AYAM BROILER (Kasus Pemasaran dari PS Bima sampai ke Pasar Baleendah Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (116kB) |
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (206kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
12. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola saluran pemasaran, fungsi�fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran ayam broiler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Kasus penelitian dilakukan pada proses pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pedagang pengecer yang berlokasi di pasar Baleendah Kabupaten Bandung dengan menganalisis pola saluran, fungsi dan efisiensi pemasaran melalui indikator efisiensi operasional, efisiensi harga serta indeks efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari sampai Juli 2023. Teknik snowball sampling digunakan dalam pengambilan responden. Responden terdiri dari satu commission agent, satu pedagang besar, tujuh pedagang pengecer dan ditambah satu orang kepala unit dari PS Bima (sebagai informan). Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat satu pola saluran pemasaran yaitu pola saluran tiga tingkat: PS Bima – commission agent – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Fungsi fisik yang dilakukan berupa pengangkutan dan pengolahan, pengangkutan dilakukan oleh commission agent dan pedagang besar sedangkan untuk pengolahan dilakukan oleh pedagang besar. Fungsi fasilitas yang dilakukan yaitu risiko dan informasi pasar. Risiko dilakukan oleh commission agent dan pedagang pengecer. Sedangkan informasi pasar dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Proses pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pasar Baleendah Kabupaten Bandung baik secara operasional maupun harga sudah efisien. Indeks efisiensi pemasaran yang paling efisien adalah pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pedagang pengecer tiga dengan nilai 1,98. Kata Kunci: Ayam broiler, Efisiensi, Lembaga pemasaran, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:48 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11753 |
Actions (login required)
View Item |