PENGARUH KOMPOS LIMBAH MEDIA JAMUR TIRAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS BUNGA KRISAN POTONG (Chrysanthemum morifolium)

MARYAM, NATASA (2020) PENGARUH KOMPOS LIMBAH MEDIA JAMUR TIRAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS BUNGA KRISAN POTONG (Chrysanthemum morifolium). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draft skripsi Natasa-165001054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyiapan media tanam yang baik merupakan salah satu syarat dalam budidaya krisan untuk menghasilkan bunga yang berkualitas baik. Pemberian bahan organik merupakan salah satu upaya meningkatkan kesuburan tanah. Limbah media jamur berpotensi sebagai bahan kompos untuk budidaya krisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompos limbah media jamur tiram terhadap pertumbuhan dan hasil dua varietas bunga krisan potong (Chrysanthemum morifolium). Penelitian telah dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Hias, Kecamatan Pacet, Cianjur pada bulan Maret sampai Juni 2020. Metode penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 4 x 2 diulang sebanyak empat kali. Faktor pertama adalah takaran kompos limbah media jamur tiram dengan empat taraf (0 t/ha, 10 t/ha, 20 t/ha, 30 t/ha). Faktor kedua adalah varietas krisan potong terdiri dari dua taraf (varietas Jayanti dan varietas Suciyono). Data dianalisis menggunakan sidik ragam dengan uji F dan dilanjut dengan Uji Jarak Berganda Duncan dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara takaran kompos limbah media jamur tiram dengan varietas bunga krisan potong terhadap pertumbuhan dan hasil bunga krisan potong. Takaran kompos limbah media jamur tiram berpengaruh terhadap umur muncul knop bunga. Kompos limbah media jamur tiram dengan takaran 30 ton/ha menunjukkan pengaruh terbaik pada dua varietas bunga krisan potong.Varietas Jayanti menunjukkan umur panen lebih cepat dan diameter vertikal bunga lebih besar dibandingkan varietas Suciyono. Varietas Suciyono menunjukkan tinggi tanaman lebih tinggi, jumlah daun lebih banyak, diameter batang lebih besar, dan umur muncul knop bunga lebih cepat dibandingkan varietas Jayanti. Kata Kunci: Kompos, limbah media jamur, dan varietas krisan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:14
Last Modified: 24 Jan 2024 08:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item View Item