PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN DIVERSIFIKASIPRODUK TERHADAP MINAT NASABAH PEMBIAYAANPADA BMT MIFTAHUSSALAM CIAMIS

SEPTILIANI, ENDAH (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN DIVERSIFIKASIPRODUK TERHADAP MINAT NASABAH PEMBIAYAANPADA BMT MIFTAHUSSALAM CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Endah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah mengalami perkembangan yang semakin baik sejak dikeluarkannya Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah. Didalam Undang-Undang tersebut berisi tentang Undang-Undang terkait Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Undang-Undang yang menjadi dasar hukum segala macam aktivitas di dunia Perbankan, diantaranya transfer dana, lalu lintas devisa, dan sistem nilai tukar. Aktitifitas dunia perbankan dibahas secara lebih mendetail mengenai asas, badan hukum, perizinan, jenis usaha, tata kelola, dan lain sebagainya. Dan hasilnya mampu memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan dan pertumbuhan lembaga keuangan berbasis syariah baik bank dan non bank.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: tentang kualitas layanan, diversifikasi produk, minat nasabah pembiayaan dan kualitas layanan dan diversifikasi produk terhadap minat nasabah pembiayaan pada BMT Miftahussalam Ciamis baik secara parsial maupun secara simultan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kualitas layanan, diversifikasi produk, minat nasabah pembiayaan pada BMT Miftahussalam Ciamis ?; dan apakah kualitas layanan dan diversifikasi produk berpengaruh positif terhadap minat nasabah pembiayaan pada BMT Miftahussalam Ciamis baik secara parsial maupun secara simultan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, studi pustaka. Maka hasil penelitian ini adalah : (1) Kualitas layanan pada BMT Miftahussalam Ciamis berdasarkan hasil angket diketahui nilai terendah untuk Kualitas pelayanan adalah sebesar 28. Nilai tertinggi sebesar 55. Rata-rata kualitas pelayanan adalah sebesar 44.31. Data tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan termasuk dalam kategori sangat baik; (2) Diversifikasi produk pada BMT Miftahussalam Ciamis diketahui Nilai terendah untuk diversifikasi product adalah sebesar 23. Nilai tertinggi sebesar 45. Rata-rata diversifikasi product adalah sebesar 36.59. Data tersebut menunjukkan bahwa diversifikasi product termasuk dalam kategori sangat baik; (3) Minat nasabah pembiayaan pada BMT Miftahussalam Ciamis diketahui Nilai terendah untuk minat nasabah pembiayaan adalah sebesar 46. Nilai tertinggi sebesar 80. Rata-rata Minat nasabah pembiayaan adalah sebesar 64.84. Data tersebut menunjukkan bahwa Minat nasabah pembiayaan termasuk dalam kategori sangat baik; dan (4) Kualitas layanan dan diversifikasi produk berpengaruh positif terhadap minat nasabah pembiayaan pada BMT Miftahussalam Ciamis baik secara parsial maupun secara simultan dengan tingkat keberpengaruhan sedang yakni sebesar 68,40%. Kata kunci kualitas layanan, diversifikasi produk, minat nasabah pembiayaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:43
Last Modified: 30 Oct 2019 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item