PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) MELALUI KURSUS MENJAHIT DENGAN TEKNIK ON THE JOB TRAINING (Studi di PKBM Mandiri Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya)

Fahri, Ilham (2020) PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) MELALUI KURSUS MENJAHIT DENGAN TEKNIK ON THE JOB TRAINING (Studi di PKBM Mandiri Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM FAHRI-162103054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL - ILHAM FAHRI - 162103054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini di dasari atas program pemenuhan kecakapan dalam pembinaan kewirausahaan melalui kursus menjahit yang memerlukan adanya pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skema pendidikan kecakapan wirausaha melalui program kursus menjahit dengan menggunakan teknik dan metode on the job training sebagai konsepsi kursus yang memiliki muatan membina kemandirian wirausaha. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pendidikan kecakapan wirausaha, pendidikan dan pelatihan, konsep keterampilan, teknik dan metode on the job training, pembinaan usaha hingga faktor yang menunjang kemandirian usaha. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilihat dari studi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, triangulasi data, dan verifikasi. Hasil penelitian mengenai pendidikan kecakapan wirausaha melalui kursus menjahit dengan teknik on the job training dalam membina kemandirian usaha pada peserta PKBM Mandiri. Kompetensi lulusan merupakan suatu alur penyeimbangan yang diharapkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap masyarakat yang sedang mencari pekerjaan ialah ditunjang dari berbagai pelatihan keterampilan yang sesuai identifikasi kebutuhan belajar pada masyarakat. Program pendidikan kecakapan wirausaha sebagai tulang punggung dalam menciptakan kemandirian pengembagan pemberdayaan atas kebutuhan belajar masyarakat. Pendidikan dan pelatihan dengan teknik on the job training pada pendidikan dan pelatihan menjahit menjadi sebuah pola kemandirian usaha ditinjau dari konsepsi pendampingan dan pembinaan berdasarkan analisis kebutuhan pelatihan sebagai upaya menanamkan satu rumah satu usaha keluarga dari akar rumput yang tepat. Kata Kunci: Kursus, Pembinaan, Kemandirian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:01
Last Modified: 24 Jan 2024 02:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item