UPAYA PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bojongnangka Kota Tasikmalaya)

Baihaqi, M. Rifa (2023) UPAYA PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bojongnangka Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (41kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan Islam mempunyai peran yang cukup besar dalam membersamai perjalanan hidup. Pendidikan Islam harus membekali individu dengan kemampuan tidak hanya menerima informasi global, tetapi juga mengolah, mengadaptasi, dan memanfaatkannya secara efektif. Hal ini memerlukan pembinaan individu yang kreatif dan produktif. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bojongnangka tidak hanya memberikan pendidikan agama tetapi juga berupaya untuk meningkatkan kecakapan hidup para santri agar dapat berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan Life Skill santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bojongnangka. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan desain studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan kecakapan hidup santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bojongnangka dilalui dengan tiga tahap, pertama pengajaran yang mencakup kecakapan personal, sosial dan akademik melalui implementasi sorogan Al-qur’an dan kitab kuning, kedua tahap pembiasaan yang mencakup kecakapan personal, sosial dan akademik diimplementasikan dengan kegiatan pembiasaan sunnah, piket kebersihan harian, belajar bersama dan bahtsul kutub. Ketiga tahap penugasan yang mencakup kecakapan personal, sosial, akademik dan vokasi melalui kegiatan berorganisasi dan ekstrakurikuler. Melalui ketiga tahapan tersebut ada peningkatan kecakapan hidup santri berupa pengembangan minat dan bakatnya serta dari segi beribadah mejadi terbiasa untuk mengerjakan sunnah nabi sementara dari segi adab santri menjadi terbiasa dalam bertingkah yang baik kepada ustadz atau temannya, dari bidang akademiknya santri banyak mendapat raihan kejuarannya di bidangnya masing-masing. Kata kunci: Pesantren, Life Skill, Santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:37
Last Modified: 18 Jan 2024 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item