NURTAQIYAH, NURTAQIYAH (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA MELALUI PELATIHAN DI LEMBAGA KURSUS YUWITA (Studi LKP Yuwita Bidang Tata Kecantikan Kulit di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (48kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (75kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (130kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (338kB) |
|
Text
11.BAB III.pdf Download (192kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16.RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan kecakapan kerja melalui pelatihan di Lembaga kursus yuwita. Dalam menyiapkan peserta pelatihan menjadi tenaga kerja baru yang terampil dan kompeten. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitiannya pengelola, instruktur, alumni, dan pihak kemitraan. Hasil penelitian menunjukan implementasi program pendidikan kecakapan kerja bidang tata kecantikan kulit dilaksanakan pada tahun 2022 yang dilakukan secara online dan offline. Dalam implementasi program ini terdiri adanya program yang dilaksanakan meliputi kegiatan yaitu menggunakan pembelajaran berbasis blended learning, mempunyai sarana dan prasarana yang memadai, dan tempat belajar yang berbasis magang, lalu selanjutnya adanya sebuah target atau sasaran dari program yaitu peserta pelatihan yang mengikuti program pendidikan kecakapan kerja. Dan yang terakhir adanya unsur pelaksana yang meliputi Pembelajaran yang menggunakan modul dengan kurikulum berbasis SKKNI dalam proses pembelajaran didamping oleh 1 instruktur di setiap kelompok. Simpulan dari penelitian ini ialah program pendidikan kecakapan kerja ini dapat meningkatkan life skill peserta pelatihan berupa tiga aspek yaitu meliputi kognitif, afektif, dan psikomotor yang berkenan dalam meningkatkan life skills peserta pelatihan sehingga peserta pelatihan dapat mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Kata Kunci: Implementasi,Pendidikan Kecakapan Kerja, Pelatihan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 05:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 05:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11548 |
Actions (login required)
View Item |