PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA NON PLAYER CHARACTER MENGGUNAKAN ALGORITMA PATHFINDING A* (A-STAR) DAN COLLISION DETECTION PADA GAME 2D “UNDERWATER SHOOTER” BERBASIS ANDROID

Al-farizi, Salman (2019) PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA NON PLAYER CHARACTER MENGGUNAKAN ALGORITMA PATHFINDING A* (A-STAR) DAN COLLISION DETECTION PADA GAME 2D “UNDERWATER SHOOTER” BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
00 - COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
04 - ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
05 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[img] Text
06 - DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
09 - BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
11 - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
12 - BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 - BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
14 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Industri game sampai saat ini tidak pernah berkurang peminatnya bahkan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu game yang paling diminati adalah game arkade, cara bermain game ini hanya untuk mengejar point (highscore) saja. Game sejenis yang telah diobservasi mempunyai kelemahan yaitu tidak adanya Non-Player Character (NPC) atau karakter musuh yang dapat menyerang secara langsung kepada pemain. Pembuatan NPC yang pintar membutuhkan Artificial Intelligence berupa algoritma pencarian jalur yang bisa memudahkan NPC tersebut mencapai musuh dengan tepat dan cepat, serta dalam pembuatan game dibutuhkan suatu deteksi tabrakan antar objek agar membuat game lebih realistic. Penelitian ini menerapkan algoritma A* (A-Star) pada NPC sebagai referensi arah perpindahan untuk mendekati player dengan jarak terdekat, dan Collision Detection digunakan untuk deteksi tabrakan pada suatu objek. Hasil dari penelitian ini berhasil membuat game 2D “Underwater Shooter” dengan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, hasil pengujian alpha sudah sesuai secara fungsional dan dari pengujian beta hasil uji fungsionalitas User Acceptence Test (UAT) didapat nilai sebesar 85,89% dengan interpretasi “Baik” yang berarti game ini layak digunakan dan dapat dikembangkan. Kata Kunci: A-Star, Collision Detection, Game, Non-Player Character

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:00
Last Modified: 31 Oct 2019 02:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item