MUSAROFAH, IMROATUL (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN ( Penelitian di Kelas III Tunagrahita SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (842kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan, serta seberapa besar peningkatan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan setelah menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang terdiri dari variabel bebas yakni media permainan ular tangga, dan variabel terikat yakni kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas III SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil yaitu satu kelas menggunakan teknik purposive sampling yaitu 4 orang siswa kelas III C yang merupakan siswa dengan kategori tunagrahita ringan. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal tes kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan, serta pedoman observasi sebagai penilaian lain untuk melihat peningkatan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita ringan. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji nonparametrik yaitu uji Wilcoxon signed- rank test dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan pengolahan data, analisis data dan pengolahan hipotesis diperoleh simpulan (1) Media permainan ular tangga efektif untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita ringan (2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan yaitu dengan pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga itu sendiri, pemilihan model pembelajaran yang sesuai, kemampuan peneliti melihat perkembangan peserat didik untuk pembelajaran selanjtnya, serta memotivasi siswa mengenai penggunann media permainan ular tangga diluar pembelajaran disekolah. Kata kunci: Kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan, media permainan ular tangga, tunagrahita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:53 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1147 |
Actions (login required)
View Item |