PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023)

HAYATI, LISNA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan_.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (483kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (828kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (502kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (916kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman tentunya teknologi akan semakin meningkat maka proses pembelajaran dituntut untuk mengikuti teknologi yang berkembang seperti media Youtube yang dapat digunakan untuk proses belajar yang dibantu dengan Model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah sebanyak 4 kelas dengan berjumlah 152 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol 38 siswa. Teknik sampling dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang berjumlah 30 soal pilihan majemuk. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar pada materi perubahan lingkungan. Teknik analisis data menggunakan uji t independen yang hasilnya diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Discovery Learning, Youtube, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:47
Last Modified: 15 Jan 2024 06:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item View Item