HAYATI, LISNA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan_.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (483kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (828kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (502kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (916kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman tentunya teknologi akan semakin meningkat maka proses pembelajaran dituntut untuk mengikuti teknologi yang berkembang seperti media Youtube yang dapat digunakan untuk proses belajar yang dibantu dengan Model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah sebanyak 4 kelas dengan berjumlah 152 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol 38 siswa. Teknik sampling dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang berjumlah 30 soal pilihan majemuk. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar pada materi perubahan lingkungan. Teknik analisis data menggunakan uji t independen yang hasilnya diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media Youtube terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rancah Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Discovery Learning, Youtube, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11468 |
Actions (login required)
View Item |