SIMANJUNTAK, ENJELITA (2023) HUBUNGAN JENIS PENDAFTARAN DAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN POLI MATA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (158kB) |
|
Text
2. Halaman Persetujuan.pdf Download (94kB) |
|
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf Download (233kB) |
|
Text
7. Pernyataan.pdf Download (140kB) |
|
Text
9. Abstrak.pdf Download (224kB) |
|
Text
4. Halaman Persembahan.pdf Download (182kB) |
|
Text
8. Kata Pengantar.pdf Download (120kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (225kB) |
|
Text
10. Bab 1.pdf Download (194kB) |
|
Text
11. Bab 2.pdf Download (274kB) |
|
Text
12. Bab 3.pdf Download (213kB) |
|
Text
13. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
14. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
15. Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan pasien didefinisikan sebagai respon pelanggan terhadap kesesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan jenis pendaftaran (online dan offline) dan waktu tunggu pelayanan di Poli Mata RSUD SMC. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan instrument kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pasien Poli Mata pada bulan Januari 2022 – Februari 2023 dengan total populasi sebanyak 8.655 pasien. Jumlah sampel penelitian ini ditentukan dengan tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 312 responden. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan teknik analisis chi square. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis pendaftaran dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,260 (>0,05) dan terdapat hubungan yang bermakna antara waktu tunggu dan kepuasan pasien dengan nilai p <0,001 (<0,005). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Rumah Sakit agar mampu untuk mengoptimalkan aspek lingkungan fisik, mampu memberikan kepastian pelayanan terhadap pasien melalui pengoptimalan waktu pelayanan, dan diharapkan dokter dalam pelayanannya dapat memulai praktik pemeriksaan lebih awal dan menyesuaikan waktu pelayanan pada pendaftaran online dengan waktu pelayanan sebenarnya. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Jenis Pendaftaran, Waktu Tunggu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 01:09 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 01:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11408 |
Actions (login required)
View Item |