PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENINGKATKAN ECOLITERACY SISWA DI SMA TERPADU RIYADLUL ‘ULUM KOTA TASIKMALYA

YULIA, YULI (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENINGKATKAN ECOLITERACY SISWA DI SMA TERPADU RIYADLUL ‘ULUM KOTA TASIKMALYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BABA V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Program Pendidikan Lingkungan Hidup yang dilakukan di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya. Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, implementasi Program Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya, (2) untuk mengetahui, pengaruh implementasi Program Pendidika Lingkungan Hidup dalam meningkatkan ecoliteracy siswa di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya dengan total populasi yaitu 920 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Acakan dengan Stratifikasi. Sampling Acakan yang digunakan yaitu dilakukan secara undian dan berdasarkan strata tingkatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu diambil dari kelas X IPS 4, kelas XI MIPA 3, dan kelas XII MIPA 2, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini 88 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya terdiri dari (1) program sekolah yang berwawasan lingkungan, untuk mewujudkan program ini yaitu dengan adanya visi misi tertentu yang harus dicapai yakni dengan melaksanakan beberapa aktifitas seperti kegiatan lomba antar kelas, penyediaan tong sampah di setiap depan ruang kelas, dan selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup, (2) kurikulum pendidikan lingkungan hidup, dalam pengimplementasiannya melibatkan setiap guru yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran, sebelum berlangsungnya kegiatan belajar mengajar maka setiap guru terlebih dahulu harus memperhatikan kondisi ruang kelas supaya saat pembelajaran berlangsung peserta didik maupun pendidik merasa nyaman, dan (3) adanya dukungan dari seluruh stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan Program Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya. Selanjutnya, pengimplementasian Program Pendidikan Lingkungan Hidup berpengaruh terhadap meningkatnya pengetahuan peserta didik dalam memahami kondisi lingkungan dan menjaga lingkungan hidup serta meningkatnya ecoliteracy siswa di SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Kota Tasikmalaya yang dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu (1) aspek pengetahuan (head/cognitive), (2) aspek kesadaran (hear/emotional), (3) aspek keaktifan (hands/active), dan (4) aspek semangat (connectional). Kata kunci : Lingkungan Hidup, Ecoliteracy, SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:52
Last Modified: 01 Apr 2020 04:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item