PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC TERINTEGRASI WEBSITE GENIALLY PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON

SADIDA, NISWAH TAMSYI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC TERINTEGRASI WEBSITE GENIALLY PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. Abstract.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. Ucapan Terima kasih.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (67kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (21kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (75kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (414kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (374kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
18. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
19. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru fisika dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, karena kurangnya fasilitas media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia di sekolah penelitian. Hal ini menyebabkan sebanyak 72% dari 32 siswa kelas X MIPA 2 merasa jenuh dan sulit memahami materi yang disampaikan. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif fisika berbasis aplikasi android menggunakan Adobe Animate CC terintegrasi website Genially pada materi Hukum Gravitasi Newton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap Develop karena tujuan penelitian ini hanya sampai menilai kevalidan dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Tahap Define dilakukan dengan analisis kurikulum, perumusan tujuan pembelajaran, dan analisis kebutuhan siswa. Tahap Design meliputi pemilihan media dan pembuatan kerangka media. Tahap Develop meliputi pembuatan produk berbentuk aplikasi android, validasi media oleh tiga ahli materi dan tiga ahli media, serta uji kepraktisan dengan menyebarkan angket kepraktisan produk kepada guru fisika kelas X dan siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Ciamis. Rata-rata nilai akhir keseluruhan validasi ahli materi dan ahli media memperoleh hasil yang sama yaitu sebesar 0,86 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan produk oleh guru sebesar 0,92 dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan produk oleh siswa sebesar 0,82 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, aplikasi android yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Adobe Animate CC, Aplikasi Android, Hukum Gravitasi Newton, Media Pembelajaran, Website Genially

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:41
Last Modified: 06 Dec 2023 04:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item