PRASASTY, SHELA (2023) PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ASSURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA (Di Kelas XI IPS SMA Telkom Bandung Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover Sheila.pdf Download (207kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan di acc dan di cap.pdf Download (276kB) |
|
Text
03 Lembar pengesahan Skripsi di acc.pdf Download (393kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN Sheila di acc.pdf Download (543kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
06 ABSTRACT.pdf Download (184kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (78kB) |
|
Text
07 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (306kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (192kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (188kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (780kB) |
|
Text
14 bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
15 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Adanya kesulitan guru dalam menentukan variasi model pembelajaran yang tepat sehingga kerapkali membuat guru memilih model konvensional dalam proses pembelajaran. Model ini membuat siswa cenderung merasa jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga berpengaruh kepada pemahaman siswa yang tidak optimal. Maka dari itu diperlukan desain pembelajaran agar proses pembelajaran dapat terlaksana secara terstruktur dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Model pembelajaran yang mengikut sertakan siswa serta mengintegrasikan teknologi dan media akan membuat siswa lebih semangat mengikuti proses pembelajaran dan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah model pembelajaran ASSURE. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan desain pembelajaran model ASSURE di kelas XI IPS SMA Telkom Bandung dan peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest – posttest. Teknik pengumpulan data yaitu terdiri dari obesrvasi, wawancara, kuesioner, dikumentasi dan tes. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan analisis statistik sederhana. Populasi penelitian yaitu selurus siswa SMA Telkom Bandung sebanyak 1.071 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 (Kelas Eksperimen) dan XI IPS 2 (Kelas Kontrol) pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain pembelajaran model ASSURE terdiri dari 6 langkah: 1) Analyze learner characteristic/ analisis karakteristik siswa, 2) State performance objectives/ menetapkan kompetensi, 3) Select methods, media, and materials/ memilih metode, media dan bahan ajar, 4) Untilize materials/ pemanfaatan bahan ajar dan media pembelajaran 5) Require learner participation/ melibatkan siswa dalam proses pembelajaran and 6) Evaluate and revise/ evaluasi dan revisi. Ketika penerapannya siswa rata-rata beraktivitas sebesar 88% (kategori beraktivitas sangat baik). Peningkatan kognitif siswa setlah penerapan desain pembelajaran model ASSURE adalah 33%. Nilai afektif siswa rata-rata mendapatkan skor 21 dengan kategori sangat baik dan nilai keterampilan siswa mendapatkan skor rata-rata 12. Secara keseluruhan, penerapan desain pembelajaran model ASSURE dapat meningkatkan pemahaman siswa terutama dalam aspek kognitif. Kata Kunci: Penerapan, ASSURE, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:22 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11236 |
Actions (login required)
View Item |