UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN PENCAK SILAT MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA KELAS VII J SMP NEGERI 2 TASIKMALAYA 2023

RAHMAN, QORY FITRIYANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN PENCAK SILAT MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA KELAS VII J SMP NEGERI 2 TASIKMALAYA 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (297kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (285kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran pencak silat banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk melakukan teknik pukulan pencak silat sehingga gerakan dan bentuk gerakan yang di hasilkan kurang maksimal. Penulis beranggapan bahwa perlu adanya diskusi kelompok dengan siswa yang mengikuti ekrakulikuler/ahli pencak silat untuk membantu kesulitan yang di alami oleh para siswa lainnya, penerapan pembelajaraan cooperative learning type jigsaw menjadi pilihan untuk memudahkan siswa berdiskusi antara siswa yang belum maksimal menguasi teknik pukulan dengan siswa yang sudah menguasi teknik pukulan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan pencaksilat melalui model cooperative learning type jigsaw pada peserta didik kelas VII J SMP Negeri 2 Tasikamalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti melalui rubic penilaian RPP yang meliputi tes kemampyan pengetahuan (kognitif) dan tes kemampuan gerak (psikomotor). Sehingga hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pukulan pencak silat melalui model cooperative type jigsaw pada siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Kata Kunci: Belajar, Medel Kooperatife, Type Jigsaw, Pencak Silat, Pukulan Lurus, Pukulan Tegak, Pukulan Melingkar, Pukulan Bandul

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:45
Last Modified: 05 Dec 2023 01:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item View Item