PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP EMPLOYABILITY SKILL PADA PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (STUDI DI SKB KOTA TASIKMALAYA)

Lestari, Tina (2023) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP EMPLOYABILITY SKILL PADA PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (STUDI DI SKB KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. Lembar Penguji.pdf

Download (150kB)
[img] Text
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (178kB)
[img] Text
06. Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
07. Abstract.pdf

Download (9kB)
[img] Text
05. Motto dan Persembahan.pdf

Download (75kB)
[img] Text
08. Kata Pengantar.pdf

Download (164kB)
[img] Text
09. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (518kB)
[img] Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
11. Daftar Tabel.pdf

Download (31kB)
[img] Text
12. Daftar Gambar.pdf

Download (29kB)
[img] Text
13. Daftar Lampiran.pdf

Download (30kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
15. BAB II.pdf

Download (127kB)
[img] Text
16. BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
19. Daftar Putaka.pdf

Download (86kB)
[img] Text
20. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Keaktifan belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran merupakan unsur dasar dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penyiapan peserta didik supaya memiliki keterampilan teknis dan employability skill berpangkal pada kualitas pelaksanaan pada program pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill pada program pendidikan kecakapan hidup. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif korelasional, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel insidental, dengan jumlah sampel 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dari nilai Pearson Correlation sebesar 0.962 yang menunjukkan pengaruh yang sangat kuat dengan hubungan yang positif antara variabel keaktifan belajar (X) dengan variabel employability skill (Y). Kuatnya pengaruh keaktifan belajar berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 83% dan tingkat employability skill berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase sebesar 91%. Simpulan dari penelitian ini H1 terpenuhi yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill pada program pendidikan kecakapan hidup. Selain itu terdapat pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill yaitu sebesar 92% sedangkan sisanya merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Employability Skill, Pendidikan Kecakapan Hidup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:36
Last Modified: 01 Dec 2023 00:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item View Item