Lestari, Tina (2023) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP EMPLOYABILITY SKILL PADA PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (STUDI DI SKB KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (38kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (191kB) |
|
Text
03. Lembar Penguji.pdf Download (150kB) |
|
Text
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (178kB) |
|
Text
06. Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
07. Abstract.pdf Download (9kB) |
|
Text
05. Motto dan Persembahan.pdf Download (75kB) |
|
Text
08. Kata Pengantar.pdf Download (164kB) |
|
Text
09. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (518kB) |
|
Text
10. Daftar Isi.pdf Download (41kB) |
|
Text
11. Daftar Tabel.pdf Download (31kB) |
|
Text
12. Daftar Gambar.pdf Download (29kB) |
|
Text
13. Daftar Lampiran.pdf Download (30kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (127kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Download (456kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
19. Daftar Putaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
20. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
21. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
Abstract
Keaktifan belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran merupakan unsur dasar dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penyiapan peserta didik supaya memiliki keterampilan teknis dan employability skill berpangkal pada kualitas pelaksanaan pada program pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill pada program pendidikan kecakapan hidup. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif korelasional, populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel insidental, dengan jumlah sampel 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dari nilai Pearson Correlation sebesar 0.962 yang menunjukkan pengaruh yang sangat kuat dengan hubungan yang positif antara variabel keaktifan belajar (X) dengan variabel employability skill (Y). Kuatnya pengaruh keaktifan belajar berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 83% dan tingkat employability skill berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase sebesar 91%. Simpulan dari penelitian ini H1 terpenuhi yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill pada program pendidikan kecakapan hidup. Selain itu terdapat pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap employability skill yaitu sebesar 92% sedangkan sisanya merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Employability Skill, Pendidikan Kecakapan Hidup
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 00:36 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 00:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11102 |
Actions (login required)
View Item |