Haya, Alliqza Aminatu (2023) AUGMENTED REALITY UANG KERTAS RUPIAH EMISI 2022 DENGAN MARKER BASED TRACKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf Download (653kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (636kB) |
|
Text
4. LEMBAR KEASLIAN DOKUMEN.pdf Download (634kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (26kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (31kB) |
|
Text
11. BAB I.docx.pdf Download (72kB) |
|
Text
12. BAB II.docx.pdf Download (201kB) |
|
Text
13. BAB III.docx.pdf Download (93kB) |
|
Text
14. BAB IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
Abstract
Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah resmi menerbitkan mata uang Rupiah baru Tahun Emisi 2022 yang terdiri atas pecahan uang Rupiah Rp.100.000, Rp. 50.000, Rp. 20.000, Rp. 10.000, Rp. 5.000, Rp. 2.000, Rp. 1.000 dengan tetap mempertahankan gambar utama sebagaimana pada Uang Kertas TE 2016. Meskipun demikian masyarakat masih belum teredukasi dan perlu dibuat sistem informasi mengenai gambar-gambar yang tercetak dalam Uang Kertas TE 2022 berbasis digital, salah satunya teknologi augmented reality menggunakan metode marker based tracking dengan Uang Kertas TE 2022 sebagai marker. Augmented Reality dapat memberikan visualisasi objek 2D dan 3D pada dunia nyata melalui media kamera. Tujuan dari penelitian ini ialah memanfaatkan augmented reality sebagai media informasi sejarah tokoh pahlawan nasional dan informasi mengenai tarian tradisional, pemandangan Indonesia dan floral endemik Indonesia pada Uang Kertas TE 2022. Rangkaian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Multimedia Life Cycle (MDLC). Berdasarkan hasil pengujian metode Blackbox menyatakan bahwa seluruh fungsional pada aplikasi ARTOS berjalan dengan baik. Kemudian hasil pengujian dengan metode System Usability Scale (SUS) mendapat skor rata-rata yaitu 80,875. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ARTOS memiliki Acceptability Ranges dengan tingkat penerimaan acceptable, Grade Scale tergolong dalam kelompok B, dan Adjective Ratings kategori good. Sehingga, secara keseluruhan dapat disimpulkan aplikasi ARTOS telah memenuhi kriteria usability dan dapat diterima berdasarkan persepsi user. Kata kunci: Uang Kertas TE 2022, Augmented Reality, MDLC, Blackbox, SUS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:50 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10988 |
Actions (login required)
View Item |