Nurdiansyah, Cecep Reza (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 CIKAJANG KABUPATEN GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (68kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (79kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (71kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (75kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (431kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui ketepatan atau kecocokan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick jika diterapkan pada proses pembelajaran konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Mei 2014 di SMP Negeri 3 Cikajang Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Cikajang yang berjumlah 9 kelas dengan jumlah peserta didik 324 orang. Sampel diambil dengan cara purpossive sampling sebanyak satu kelas, yaitu kelas VIII A berjumlah 36 orang. Untuk mengukur hasil belajar digunakan instrumen berupa tes hasil belajar sebanyak 25 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dependen dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian diketahui skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe talking stick adalah sebesar 10,11, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa sesudah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe talking stick adalah sebesar 20,06. Berdasarkan uji t dependen diperoleh thitung = -16,08 dan ttabel = -2,04, yang berada di daerah penolakan H0, artinya hasil pretest tidak sama dengan hasil posttest. Berdasarkan hasil tes median diketahui 2p = 0,1868, dengan nilai median sebenarnya = 20 dan median yang ditentukan = 17,5. Hasil itu menunjukan bahwa median sebenarnya lebih besar dari median yang ditentukan, dengan kata lain hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menujukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick cocok digunakan pada proses pembelajaran konsep Sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Cikajang Kabupaten Garut
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 01:07 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10923 |
Actions (login required)
View Item |