PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LITOSFER DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DI PROGAM INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS

Hakim, Azis Radiatul (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LITOSFER DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DI PROGAM INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TESIS (AZIS RADIATUL HAKIM).2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi terintegrasi dengan Al-Qur'an di MAN 1 Darussalam Ciamis menjadi kebutuhan progam Intensive Science Class (ISC) sebagai progam unggulan dalam bidang sains yang mengintegrasikan dengan agama dilingkungan MAN 1 Darussalam Ciamis selain dari pada Progam Keagamaan (PK) yang merupakan progam nasional di bawah langsung Kementerian Agama. Hingga saat ini progam Intensive Science Class (ISC) belum memiliki modul khusus geografi terintegrasi dengan Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran Geografi pada materi litosfer dalam perspektif Al-Qur'an di Progam Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis untuk mengetahui pemanfaatan Modul Pembelajaran Geografi Pada Materi Litosfer dalam Perspektif Al-Qur'an di Progam Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis dan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran Geografi Pada materi litosfer dalam perspektif Al-Qur'an dapat meningkatkan minat belajar siswa di Progam Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yaitu model desain pembelajaran yang terdiri dari pada tiga fase yaitu fase Analisis keperluan, fase desain, fase pengembangan dan implementasi. Adapun subjek penelitian terdiri dari ahli geografi, ahli Al-Qur'an, ahli desain, guru bidang studi geografi dan siswa jurusan IPS di Progam Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis. Hasil penelitian telah berhasil membuat modul materi litosfer terintegrasi Al-Qur'an yang teruji oleh validator dengan tingkat kevalidan yaitu ahli geografi 89,2 %, ahli Al-Qur'an 80 %, ahli desain 71,1 % dan guru bidang studi 93,3 %. Adapun pemanfaatan modul digunakan untuk (1) kegiatan belajar di kelas dengan sistem tutorial (2) kegiatan peer teaching (3) kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) (4) kegiatan Intensive Science Class Constellation. Selain itu modul ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dari hasil perhitungan menunjukan bahwa modul integratif memiliki ketertarikan 84,9 % dengan demikian modul dapat meningkatkan minat belajar. Kata kunci: Pengembangan Modul, Integrasi Al-Qur'an, Intensive Science Class (ISC)

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:00
Last Modified: 04 Sep 2023 04:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item