LINDAWATI, WITA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MATERI POKOK MANUSIA PURBA DI DUNIA KELAS X IPS SMAN 8 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (43kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
LEMBAR DIPERTAHANKAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (261kB) |
|
Text
HALAMAN PRIBADI WITA.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR ISI WITA.pdf Download (195kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB I WITA.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (445kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA WITA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh dari media pembelajaran flash card terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi pokok manusia purba di Indonesia dan dunia dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMAN 8 Tasikmalaya pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 5, sedangkan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi experiment dan teknik sampling mengggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran ini sama dengan proses pembelajaran pada umumnya yang membedakan ialah penggunaan media pembelajaran flash card dan proses pembelajaran yang kondusif dan antusias dari peserta didik, sebab penggunaan media pembelajaran yang digunakan adalah hal yang baru yakni flash card di kelas X IPS 2 mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik, terbukti pada kelas X IPS 5 yang tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0,04<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Flash Card, Media Pembelajaran, Motivasi belajar, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10622 |
Actions (login required)
View Item |