AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KAMPUNG NAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Masyarakat Adat Kampung Naga di Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya)

Rohaeni, Neni (2023) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KAMPUNG NAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Masyarakat Adat Kampung Naga di Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (95kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (64kB)
[img] Text
04 Abstract.pdf

Download (161kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (124kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (166kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (121kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran daring di Kampung Naga pada masa pandemi Covid-19, hambatan yang ditemui dan bagaimana solusinya. Kampung Naga adalah sebuah kampung adat dimana masyarakatnya masih memegang teguh tradisi. Kondisi pandemi Covid-19 sangat berdampak pada bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran selama masa pandemi dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring maupun luring. Anak-anak sekolah yang tinggal di Kampung Naga pun harus mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi data, dan teknik analisis data model Miles dan Hubermen dengan tahapan data collection, reduction/condensation, data display, dan conclussion/verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; aktivitas pembelajaran daring dilakukan oleh seluruh siswa mulai jenjang SD,SMP, dan SMA/SMK dengan lama waktu belajar yang berbeda tiap jenjangnya. Sarana prasarana yang digunakan handphone, laptop, kuota internet. Teknik belajar daring tiap jenjang pada umumnya menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama dan tambahan aplikasi lainnya, Hambatan yang ditemui yaitu tidak semua siswa mempunyai handphone pribadi dan kuota terbatas, kondisi psikologis siswa, kondisi geografis Kampung Naga menyebabkan sinyal tidak stabil, tidak adanya sumberdaya listrik, ketersediaaan dana untuk pembelian kuota internet, penguasaan teknologi yang masih kurang. Solusi yang ditemukan dan dilakukan adalah dilaksanakannya guru keliling/guru kunjung ke Kampung Naga, penggunaan aplikasi dan media yang beragam, memanfaatkan bantuan kuota dari pemerintah, keluar kampung untuk mengisi daya baterai handphone, memilih provider yang paling stabil sinyalnya, belajar bersama dengan teman yang punya handphone bagi siswa yang tidak punya handphone pribadi. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Kampung Naga, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:27
Last Modified: 15 Aug 2023 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item