LATHIPAH, ALPANI (2023) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO HISTORY TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi eksperimen pada mata pelajaran sejarah peminatan materi respon bangsa indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Tasikmalaya sewmester genap tahun ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (186kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (78kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text
6. ABSTRACK.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (277kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (724kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (309kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (5MB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (3MB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (909kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Terlihat pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dan kurang memperhatikan ketika guru menyampaikan materi. Sebagai daya tarik pembelajaran memenuhi indikator minat belajar, di perlukan media pembelajaran yang minarik serta menyenangkan. Pengunaan media dapat membantu dalam pembelajaran sejarah dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ludo history terhadap minat belajar peserta didik pada mata pembelajaran sejarah materi Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperalisme dan Kolonisme di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, yaitu kuasi eksperimen desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh XI IPS SMA 5 TASIMALAYA, simpel adalah kelas XI IPS 2. Data dikumpulkan melalui angket tutup dan observasi . Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS berupa uji nomalistas, uji homogenitas . Hipotesis penelitian di uji Independ samples t test . hasil analisis menunjukan bahwa nilali Asmymp Sig (2tailed) lebih kecil dari pada nilai probalitas yaitu 0,00<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa dapat pengaruh dari media pembelajaran ludo history terhadap minat belajar peserta didik di kelas xi ips 2 tasikmalaya. kata kunci media pembelajarn permainan ludo history minat belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10537 |
Actions (login required)
View Item |