PEMETAAN PERSEBARAN DAN ZONASI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI BERBASIS WEBGIS DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON

RONALDO, RULY (2023) PEMETAAN PERSEBARAN DAN ZONASI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI BERBASIS WEBGIS DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (143kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RULY RONALDO. 2023. PEMETAAN PERSEBARAN DAN ZONASI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI BERBASIS WEBGIS DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada tahun 2022 ini menggunakan sistem zonasi, pendaftaran peserta didik baru sistem zonasi merupakan suatu upaya untuk para calon peserta didik baru akan diterima di sekolah yang paling dekat dengan zona tempat tinggal dan dijadikan sebagai upaya dalam pemerataan kualitas pendidikan. Menurut Badan Pusat Statistik Kota Cirebin data penduduk Kecamatan Kesambi dengan usia 15 - 19 tahun berjumlah sekitar 6.195 jiwa. Wilayah ini memiliki 4 sekolah SMA Negeri yang ada dan aktif menyelengarakan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu calon peserta didik harus selektif dalam memilih sekolah SMA Negeri yang akan dituju. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persebaran lokasi SMA Negeri di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. (2) untuk mengetahui pemetaan zonasi SMA Negeri berbasis WebGIS dalam penerimaan peserta didik baru di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner, studi dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, analisis tetangga terdekat dan analisis buffering. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persebaran SMA Negeri yang ada di Kecamatan Kesambi tersebar merata dengan nilai indeks sekitar 1,9. hasil perhitungan analisis tetangga terdekat. Penyajian sebaran lokasi SMA Negeri dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis WebGIS di Kecamatan Kesambi dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, tahap input data, tahap pembuatan WebGIS, tahap publish WebGIS. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika mencari informasi mengenai sebaran lokasi SMA Negeri di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon yang dapat diakses melalui WebGIS dan dapat selektif dalam memilih sekolah menengah atas negeri yang dituju. Tampilan WebGIS mengenai Pemetaan Persebaran dan Zonasi Sekolah Menengah Atas Negeri Berbasis WebGIS dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon dapat dilihat pada Link yang telah disediakan : https://arcg.is/0LCOKC Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru, Sistem Zonasi, Persebaran Sekolah Menengah Atas Negeri, Sistem Informasi Geografi, WebGIS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:41
Last Modified: 01 Aug 2023 08:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item